Senin, 23 April 2012

Home » » Berburu Ikan Dengan Senapan Angin

Berburu Ikan Dengan Senapan Angin


Indramayu - Akibat berburu burung atau sejenisnya dilarang instansi terkait, akhirnya sekelompok pemuda yang memiliki hobi berburu mengalihkan sasaran tembaknya ke ikan. Mereka setiap hari menyambangi sungai dan kolam tempat penampungan air mencari ikan buruan.

“Seringnya dapat ikan gabus. Karena karakteristik ikan gabus senang menghirup udara dan berada di permukaan air,” kata Casman, 32 seorang pemburu ikan sewaktu dijumpai Pos Kota sedang berburu ikan di Sungai Cimanuk.

Dikatakan, pemburu ikan di Indramayu masih belum banyak. Jumlahnya baru puluhan orang. Atifitas berburu ikan tergolong masih baru. Mereka melakoni kegiatan itu sekitar 3 pekan terakhir. Itu setelah instansi terkait gencar mengkampanyekan kelestarian lingkungan. Melarang pemburu menembak burung dan unggas lainnya.

Diakui ada perbedaan berburu burung dengan ikan. Dari sisi caranya berburu burung itu sebetulnya lebih mudah karena sasarannya beradadi atas kepala. Sedangkan berburu ikan, sasarananya berada di bawah kaki pemburu.

Dari sisi peluru, kata Wardi, 31, berburu ikan itu pelurunya tidak menggunakan peluru yang biasa digunakan untuk senapan angin. Peluru dibuat sendiri. Bahan dasarnya dari paku atau potongan besi beton. Pada ujungnya dibuat lancip. Sedangkan bagian belakangatau gagangnya diikat senar atau benang layang-layang.

Ikan yang terkena sasaran tembak, katanya tidak bisa kabur. Sebab pelurunya biasanya menembus bagian tubuh ikan sehingga pemburu tidak perlu mengejar sasaran tapi cukup dengan menarik senarnya ke atas mirip permainan layang-layang.

Cara membuatnya sebenarnya mudah. Tapi jika bukan ahlinya, peluru yang melesat itu tidak tepat sasaran. Karena itu membuat peluru untuk berburu ikan harus hati-hati dan memperhatikan segi keseimbangan. Sehingga peluru yang ditembakkan tepat mengenai target.

Jenis ikan yang sering didapat saat berburu selain ikan gabus juga ikan nila, gurame dan mujair. Jenis-jenis ikan itu sering muncul ketika sedang menghirup udara permukaan air.”Jenis ikan yang lain pun sebenarnya bisa jadi target, asalkan kelihatan oleh mata,” ujarnya.[poskota/adm]
Silahkan Bagikan Artikel Ini :

Posting Komentar