Senin, 07 Februari 2011

Home » » Ratusan Kilometer Jalan Indramayu Rusak

Ratusan Kilometer Jalan Indramayu Rusak



Indramayu - Ratusan kilometer (KM) ruas jalan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat kini kondisinya rusa parah. Kerusakan jalan itu terjadi antara lain disebabkan karena sering diguyur hujan lebat serta dilalui kendaraan yang melebihi tonse.

Kabid Jalan pada Dinas PU. Bina Marga, Kab. Indramayu, Dikdik Sudikna mengungkapkan, panjang jalan yang rusak mencapai 755,7 kilometer.

Ruas jalan yang rusak berat mencapai 12,7 km dan yang rusak sedang sekira 43 km termasuk rusak ringan sepanjang 700 km. Ia menjelaskan, jumlah tersebut merupakan data jalan yang rencananya akan diperbaiki dalam anggaran tahun 2011.

Kendati begitu, ia mengaku masih banyak ruas jalan yang rusak belum masuk pada daftar jalan yang akan diperbaiki tahun ini. "Masih banyak kenyataan di lapangan yang masih rusak. Kerusakan tersebut salah satunya akibat cuaca hujan yang menggenangi jalan di Kab. Indramayu," ujarnya.

Dikdik mengatakan, wilayah Indramayu merupakan daerah dataran rendah yang sering mengalami banjir. Kondisi itu semakin diperparah dengan buruknya sistem drainase sehingga air yang menggenang di jalan tidak cepat terbuang.

Kerusakan jalan yang paling parah terdapat pada ruas jalan Patrol - Haurgeulis sepanjang kurang lebih delapan kilometer. Jalanan ditempat itu berlubang-lubang hingga membentuk kubangan besar dan memiliki kedalaman sekitar 30cm-50 cm. Kondisi itu diperparah dengan sering turunnya hujan yang menyebabkan jalan menjadi tergenang dan becek. Selain membahayakan para pengguna jalan, hal tersebut juga membuat waktu tempuh kendaraan menjadi lebih lama.

Sumber
Silahkan Bagikan Artikel Ini :

Posting Komentar