Senin, 16 April 2012

Home » » Dinkes Indramayu Intensif Melakukan Penyuluhan Jajanan Sekolah

Dinkes Indramayu Intensif Melakukan Penyuluhan Jajanan Sekolah


Indramayu - Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu intensif melakukan penyuluhan masalah makanan dan minuman serta jajanan sehat (makjan sehat) ke sekolah-sekolah. Penyuluhan lewat program usaha kesehatan sekolah (UKS) ini diharapan dapat meningkatkan kesehatan para siswa di Indramayu.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu dr Arif Yusuf MKes ketika dikonfirmasi, Kamis( 12/4), di ruang kerjanya.

"Sosialisasi program pembinaan UKS ini telah kami lakukan sejak 2011. Dengan sosialisasi ini, maka baik guru maupun siswanya bisa memahami dan mampu untuk memilih makanan jajanan yang sehat untuk dikonsumsi," katanya.

Selain sosialisasi ke sekolah-sekolah, sosialisasi juga bisa dilakukan di satu tempat dengan mengundang guru serta siswa dari berbagai sekolah.

Saat ini misalnya, sosialisasi juga digelar kembali di Gedung Kopsuka Indramayu selama tiga hari, mulai Rabu lalu, dengan mengundang 37 guru UKS dan 74 siswa dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Indramayu, Kecamatan Sindang, dan Kecamatan Pasekan.

"Dari sini kami harapkan peserta sosialisasi dapat menularkan pengetahuan yang mereka dapat ke guru atau siswa lainnya," kata dr Arif Yusuf.

Materi yang disampaikan dalam pertemuan ini antara lain tentang kriteria makanan dan minuman sehat, materi tentang jenis BTP (bahan tambahan pangan) yaitu tentang zat pewarna dan zat pengawet terhadap makanan dan minuman yang akan dikonsumsi, serta materi tentang kewaspadaan terhadap makanan dan jajanan sehat itu sendiri.

"Kami yakin setelah sosialisasi ini, para guru dan siswanya bisa memilih makanan dan jajanan yang sehat," katanya.

Kerja keras Dinkes Indramayu ini pernah mendapat penghargaan. Kabupaten Indramayu pernah juara tingkat nasional UKS, yaitu diraih TK Bumi Patra Pertamina, SMKN Losarang, dan SMPN Unggulan tahun 2011 lalu.[sko/adm]
Silahkan Bagikan Artikel Ini :

Posting Komentar