Selasa, 12 April 2011

Home » » Tahun ini 15 Ribu Jiwa Terlayani Air Minum

Tahun ini 15 Ribu Jiwa Terlayani Air Minum

Indramayu – Sebanyak 15 ribu hingga 30 ribu warga Indramayu yang selama ini rumahnya belum tersambung jaringan pipa air minum, mulai tahun ini memperoleh pelayanan air minum  dari PDAM Tirta Dharma Ayu Indramayu.

15 ribu hingga 30 ribu warga yang merupakan calon pelanggan baru PDAM Indramayu itu berdomisili di beberapa kecamatan seperti Arahan, Cantigi, Bangodua dan Kertasemaya yang belum terjangkau jaringan pipa air minum PDAM Indramayu.

“Tahun 2011 ini alhamdulillah PDAM Indramayu memperoleh bantuan dana dari APBN sebesar Rp25 miliar. Dana itu sesuai rencana dimanfaatkan  untuk membiayai perluasan jaringan pipa air minum sehingga mampu  melayani sekitar 15 ribu sampai 30 ribu jiwa,” ujar Suyanto, ST, MT, Dirut PDAM Indramayu.

Dijumpai Pos Kota di ruang tunggu Pemkab Indramayu, Selasa (12/4), Suyanto mengemukakan, dana bantuan Rp25 miliar dari APBN untuk PDAM Indramayu itu sifatnya murni merupakan dana hibah. Bukan dana pinjaman. Sehingga tidak membebani keuangan perusahaan.

Katanya, untuk kebutuhan perluasan jaringan pipa air minum,  PDAM Indramayu memerlukan dana yang tidak sedikit. Meskipun demikian, PDAM Indramayu  tidak membebani  APBD Pemkab Indramayu. “Bantuan dana dari APBD Pemkab Indramayu jumlahnya sangat kecil,” katanya.

Ditambahkan, rencana jangka panjang, pihaknya akan memperluas lagi  jaringan pipa air minum yang menjangkau hingga ke 5 kecamatan;  Gantar, Terisi, Cikedung, Kroya dan Bongas. Masyarakat di 5 kecamatan itu selama ini memanfaatkan air tanah yang kualitasnya terbilang cukup baik untuk kebutuhan sehari-hari.[pkt/adm]
Silahkan Bagikan Artikel Ini :

Posting Komentar