Rabu, 09 Februari 2011

Home » » Eretan Kulon Daerah Wisata Potensial

Eretan Kulon Daerah Wisata Potensial


Indramayu - Sebagian besar wilayah desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur berbatasan dengan laut Jawa sehingga memiliki pantai yang cukup panjang. Kuwu Delut Amin S.Pd mengemukakan pantai-pantai yang ada di desanya banyak yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan. Kalau pantai di blok Pampang I dan blok Kebon II merupakan tempat wisata pemancingan maka pantai di Lemah Abang (LA), blok Herkules dan Kalimenir adalah tempat wisata pemandangan dan mandi air laut.

Para pemancing bukan hanya warga Indramayu saja tetapi juga banyak yang datang dari Bandung, Jakarta, Bogor, dan kota lainnya. Mereka datang untuk mancing dari siang hingga malam hari, baik di pantai maupun ke tengah laut, kata Kuwu D. Amin kepada Pelita hari Rabu (9/2) di ruang kerjanya.

Jumlahnya bervariasi tapi kalau dirata-ratakan setiap harinya sekitar 15 orang. Kedatangan para pemancing memberi keuntungan bagi warga Eretan Kulon seperti menyewakan perahu, mendampingi pemancing ke tengah laut, serta penghasilan dari penjualan makanan dan segala sesuatu yang diperlukan pemancing. Melihat minat pemancing yang cukup besar, kami sendiri sebenarnya sudah mempunyai program untuk dapat membangun lokasi pemancingan yang dikelola oleh Pemerintah Desa, namun hal itu belum terlaksana karena masih terkendala pendanaannya, jelas Amin.

Mengenai tempat wisata di LA, Herkules, dan Kalimenir, menurutnya ketiga lokasi wisata pantai itu cukup strategis, letaknya dekat dengan jalan raya pantura dan kondisi lingkungannya keamanannya kondusif, sehingga masyarakat dari Kandanghaur dan sekitarnya baik orang dewasa maupun pemuda dan anak-anak banyak yang berkunjung ke tiga lokasi itu. Apalagi pada hari Sabtu dan Minggu jumlahnya mencapai ratusan orang.

Untuk pengembangan wisata di desa Eretan Kulon, D. Amin mengharapkan adanya investor yang mau membuka usaha pariwisata di pantai-pantai tersebut. Bila dimasa mendatang wisata meningkat dengan baik dan sehat maka besar harapan pula akan memacu terhadap pengembangan aktivitas ekonomi guna meningkatkan daya beli masyarakat, serta menambah penghasilan keuangan desa yang dipimpinnya.[hpt/adm]
Silahkan Bagikan Artikel Ini :

Posting Komentar