Jumat, 04 Februari 2011

Home » » Indramayu Akan Bangun Pelabuhan Batubara

Indramayu Akan Bangun Pelabuhan Batubara


Indramayu - Pelabuhan yang berfungsi utama sebagai pintu keluar distribusi batubara untuk memenuhi kebutuhan di Pulau Jawa bakal dibangun di daerah Patrol, Kabupaten Indramayu. Target operasional pelabuhan itu adalah pada akhir 2012.

"Proyek pelabuhan itu sudah memperoleh izin prinsip BKPM," jelas Komisaris Utama PT Kasepuhan Bulk Terminat, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat usai bertemu Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan di Gedung Sate Bandung, Jumat (4/2).

Menurut dia, investasi yang dibutuhkan guna mewujudkan pelabuhan tersebut adalah Rp 1,3 Triliun. Kapasitas pelabuhan direncanakan dapat memenuhi suplai batu bara terutama kebutuhan energi seperti PLTU di Pulau Jawa. Captive market di Jawa disebut mencapai 3 juta ton per bulan.

Dijelaskan Arief yang merupakan Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, pihaknya juga berkerjasama dengan PLN, PT KA, Ditjen KA Kemenhub dalam proyek tersebut. Khusus PT KA, langkah itu terkait dengan pembangunan jalan rel baru dari pelabuhan ke jalur utama di Pantura.

Jalan rel baru membentang sepanjang 15-20 Km antara Cilege-Patrol. Kemudian, pembangunan stasiun pelabuhan dan penyediaan gerbong pengangkut batubara sebanyak 40 rangkaian untuk operasional 24 jam.

Langkah itu bertujuan mengurangi beban kendaraan berat pengangkut batubara di Cadas Pangeran, Kab Sumedang yang selama ini melayani rute Cirebon-Bandung. "Ruas Cadas Pangeran bagaimana pun merupakan cagar budaya, jangan sampai kemudian rusak," jelasnya.

Sumber
Silahkan Bagikan Artikel Ini :

Posting Komentar