Jumat, 04 Februari 2011

Home » » Petani Indramayu Gotong Royong Basmi Tikus

Petani Indramayu Gotong Royong Basmi Tikus



Indramayu - Petani di Desa Soge Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, serentak bergotong royong membasmi hama tikus.

Kepala Desa Soge, Calim, di Indramayu, Jumat, mengatakan kegiatan gotong royong membasmi hama tikus rutin dilakukan oleh petani di desanya dengan cara bersama-sama menangkap tikus, sehingga dalam waktu singkat ribuan tikus berhasil dikumpulkan.

"Pemberantasan hama tikus di Desa Soge sudah menjadi kewajiban semua petani karena hama tikus tersebut merupakan musuh mereka, sering petani mengalami gagal panen akibat tanaman padinya dimakan tikus," katanya.

Dia menjelaskan, membasmi tikus dengan menggunakan obat kimia sudah mereka tinggalkan karena dapat membunuh hewan lainnya sepeeti belut dan ikan kecil, sehingga petani memilih cara lama dengan gotong royong serta menggunakan anjing terlatih.

"Bantuan anjing sangat efektif memancing tikus yang berada di dalam lubang untuk ke luar, setelah itu petani membunuhnya," katanya.

Sementara itu BDP Desa Soge Ahmad menuturkan, kegiatan gotong royong memberantas tikus sudah dilakukan petani bertahun-tahun, hasilnya cukup menggembirakan gagal panen akibat hama tikus tersebut dapat diatasi.

"Jumlah tikus di Desa Soge cukup banyak meski setiap musim tanam dibasmi, keberadaan binatang tersebut sulit dimusnahkan, namun sedikitnya petani dapat mengendalikannya," katanya.

Dikatannya, hama tikus jika dibiarkan merusak tanaman petani, tahun 2007 lalu ratusan hektare tanaman padi habis dimakan tikus dalam waktu hanya sepekan, sehingga mereka mengalami gagal panen. Pengalaman tersebut membuat petani giat membasmi tikus.

Menurut dia, pemberantasan hama tikus secara gotong royong menimbulkan rasa kebersamaan diantara petani selain menghemat biaya karena tidak memakai obat kimia. Mungkin kebiasanya mereka akan terus dilakukan terus menerus supaya jumlah tikus berkurang.

Sementara itu H. Anang Kepala Seksi Peningkatan Produski Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Indramayu mengatakan, gotong royong membasmi hama tikus sering dilakukan oleh petani Indramayu untuk menghindari serangan hama tersebut.

Dikatakannya, sering petani di pesisir pantai utara Indramayu mengalami gagal panen akibat serangan hama tikus, upaya pembasmian dengan cara manual dan dibantu anjing cukup menekan perkembangan hama tikus tersebut.
Silahkan Bagikan Artikel Ini :

Posting Komentar