Kamis, 21 April 2011

Home » » 162 Atlet Ikut Invitasi Olahraga Tradisional

162 Atlet Ikut Invitasi Olahraga Tradisional


Indramayu – Tak kurang dari 162 atlet termasuk 36 pelatih olahraga tradisional Indramayu, Rabu (20/4) adu kebolehan di alun-alun dalam invitasi olahraga tradisional yang dibuka Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophannah.

Ketua Umum FORMI (Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia) Kab. Indramayu, Drs. H.A. Rozaq Muslim, M.Si mengemukakan, maksud dan tujuan penyelenggaraan invitasi olahraga tradisional mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam berolahraga.

tradisional atau permainan rakyat. Karena olahraga tradisional tidak hanya sebatas permainan tapi mengandung nilai-nilai luhur budaya bangsa serta kearifan lokal yang berkembang selama berabad-abad dan sekaligus berfungsi sebagai ketahanan menghadapi budaya luar,” katanya.


Olahraga tradisional yang dipertandingkan yaitu Balap Egrang Putra, Dogongan Beregu Putra, Balap Bakiak Beregu Putri dan Selodoran Beregu Putri.

Atlet olahraga tradisional yang keluar sebagai juara, selain memperoleh hadiah juga dipersiapkan sebagai kontingen Kab. Indramayu mengikuti invitasi olahraga tradisional tingkat Provinsi Jabar yang digelar Mei hingga Juni 2011.

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophannah menyambut baik diselenggarakannya invitasi olahraga tradisional Indramayu. Karena olahraga tradisional itu terkandung nilai-nilai budaya luhur yang perlu dipertahankan dan diwariskan kepada generasi penerus.

“Olahraga tradisional itu bukan sekedar memperoleh kebugaran jasmani, tapi sebagai identitas bangsa yang mengandung nilai-nilai luhur budaya. Karena itu olahraga tradisional Indramayu ini perlu didorong dan dikembangkan ke tengah masyarakat,” ujarnya.[pkt/adm]
Silahkan Bagikan Artikel Ini :

Posting Komentar