Rabu, 13 April 2011

Home » » Kabupaten Indramayu Daerah Termiskin ke Dua di Jawa Barat

Kabupaten Indramayu Daerah Termiskin ke Dua di Jawa Barat


Indramayu – Kabupaten Indramayu menempati posisi sebagai daerah termiskin kedua di Jawa Barat. Hal tersebut diungkapkan Kasi Statistik BPS Kabupaten Indramayu, Caswandi.

“Posisi tersebut diketahui dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional atau Susenas 2009 lalu,” katanya, Rabu (14/4). Saat itu, angka kemiskinan di Kabupaten Indramayu mencapai 319.630 jiwa atau 17,99 persen. Angka ini membuat Kabupaten Indramayu sebagai daerah termiskin kedua di Jawa Barat.

Hal yang sama pun terjadi pada 2008 lalu. Angka kemiskinan di Kabupaten Indramayu pada tahun tersebut mencapai 347.000 atau sekitar 19,75 persen. “Jadi selama dua tahun berturut-turut posisi ini tidak berubah,” katanya. Sedangkan untuk hasil Susenas 2010 menurut Caswandi saat ini masih dalam pengolahan data.

Angka kemiskinan tersebut diperoleh berdasarkan penilaian criteria miskin dan sangat miskin. “Setidaknya ada 14 kriteria miskin yang ditetapkan BPS pusat,” katanya. Diantaranya hanya makan satu atau dua kali sehari, luas lantai bangunan kurang dari delapan meterpersegi serta jenis lantai tempat tinggal masih berupa tanah atau bamboo atau kayu murahan.

Selanjutnya Caswandi pun mengakui jika angka kemiskinan yang dikeluarkan oleh BPS ini pun bisa berbeda dengan data kemiskinan yang ada di instansi di lingkungan Pemerintahan kabupaten Indramayu.[tpf/adm] 
Silahkan Bagikan Artikel Ini :

Posting Komentar