Minggu, 01 Mei 2011

Home » » Petani Kerja Keras Bersihkan Tumpukan Dami yang Menutupi Permukaan Sawah

Petani Kerja Keras Bersihkan Tumpukan Dami yang Menutupi Permukaan Sawah


Indramayu – Banjir yang menghantam ratusan hektar pesawahan termasuk merendam puluhan hektar areal persemaian padi menyisakan derita panjang bagi petani di Kecamatan Losarang, Indramayu, Jabar.

Ratusan petani, Sabtu (30/4) terpaksa harus bekerja ekstra keras membersihkan ratusan ton tumpukan jerami basah yang terbawa arus  air luberan Kali Saradan dan kini  menutupi permukaan sawah termasuk persemaian padi di Desa Muntur, Krimun, Ranjeng dan Santing.

Setelah banjir surut,  petani Sabtu (30/4) terlihat mulai membersihkan tumpukan jerami basah yang menutupi permukaan sawah dan persemaian padi.

Kasman, 39 salah seorang petani di Desa Santing Kecamatan Losarang dijumpai Pos Kota menerangkan,  tumpukan jerami basah yang terbawa air luberan Kali Saradan itu menyulitkan para petani saat melakukan pengolahan tanah MT (Musim Tanam) Gadu.

Permukaan sawah yang tertutup jerami basah itu kata dia sama sekali tidak bisa ditanami padi. Untuk itu pemilik sawah harus mengeluarkan biaya tambahan  untuk upah puluhan buruh tani  yang bekerja membersihkan tumpukan jerami basah menggunakan alat bantu garuk.[pkt/adm]

Silahkan Bagikan Artikel Ini :

Posting Komentar